Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. Kepala Biro Perencanaan Setjen Kementerian Perhubungan, Raih gelar Doktor Ke 139 di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negri) dengan Predikat Cumlaude

Jakarta, aspirasipublik.com – Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa/Allah SWT, pada hari ini Rabu, tanggal 23 juni 2021 walaupun Dunia dan Indonesia sedang dilanda musibah wabah Corona (covid 19 ) tidak menghalangi jalnnya prosesi sidang promosi Doktor IPDN dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak.

Sidang dilakukang oleh penguji dan promotor melalui daring dan hadir langsung di kampus IPDN Jakarta, Dengan bangga Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. Kepala Biro Perencanaan Setjen Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Raih gelar Doktor ke 139 di IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negri) dengan Pridikat Cumlaude.

Tim Promotor yang terdiri dari: Ketua tim Promotor Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA (Hadir langsung), Co Promotor Dr. Hadi Prabowo, M.M. (Rektor IPDN sekaligus memimpin jalannya promosi sidang terbuka), Dr. Sampara Lukman, MA (Hadir Langsung) Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si (Direktur Pascasarjana Hadir langsung), Prof. Dr. Ngadisah, MA (Kap Prodi Pascasarjana Hadir Langsung), Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA (Melalui Daring ), Dr. Hyronimus Rowa, M.Si (Melalui Daring), Dr. Deti Mulyati, SH, MH, CN (Hadir Langsung), Dr. Ismail Nurdin, M.Si (Hadir Langsung), Dr. Mansyur, M.Si (Hadir Langsung), Dr. Halilul Khairi, M.Si (Hadir Langsung).

Riwayat singkat Dr. H. Robby Kurniawan, S. STP., M.Si. adalah sebagai berikut anak ke 2 dari 3 bersaudara. Putera dari pasangan Bapak H. M. Saleh dan Ibu Hj. Sulyati (Almh). Lahir di Palembang pada tanggal 29 Juni 1979. Saat ini memiliki istri bernama Hj. Rizki Aryanti, SE, MM., dan dikaruniai 3 orang anak yang masing-masing bernama: M. Farhan Kurniawan (Alm), M. Ridho Kurniawan, Meutia Salsabila Aryanti.

Riwayat Pendidikan Mengawali pendidikannya di SD Yaktapena 2 Palembang (1985-1991), kemudian melanjutkan pendidikan di SMP YKPP 01 Palembang (1991-1994), dan selanjutnya mengikuti pendidikan di SMA Negeri 04 Palembang (1994-1997). Pasca lulus SMA, melanjutkan studi Diploma IV di STPDN Jatinangor Bandung (1997-2001), berikutnya mengikuti studi Pasca Sarjana (S2) Ilmu Pemerintahan di Universitas Satyagama Jakarta (2002-2004), dan mulai tahun 2018 mengikuti pendidikan pada Pasca Sarjana (S3) Program Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Jakarta.

Riwayat Karier sebagai birokrat. Diawali dengan jabatan Kepala Seksi Pelayanan Umum Kantor Lurah Serasan Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, Kasubbag Umum dan Perjalanan Sekretariat Daerah Musi Banyuasin, kemudian menjadi Camat Sangadesa dan Camat Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Selanjutnya dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel dan Kepala Biro Umum Pemprov Sumsel. pernah mendapatkan amanah penugasan sebagai Penjabat Bupati Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Dan terakhir sebelum meniti karier di Pemerintah Pusat, menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.  Setelah itu, pada tahun 2018 mulai menapaki karir di Kementerian Perhubungan sebagai Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur BPSDM Perhubungan, dan saat ini menjabat sebagai sebagai Kepala Biro Perencanaan Setjen Kementerian Perhubungan.

Disertasi Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. yang berjudul “evaluasi kebijakan manajemen aparatur sipil negara di kementerian perhubungan dan pemerintah provinsi dki jakarta” secara konseptual terinspirasi dari isu penting tentang peningkatan daya saing bangsa yang salah satunya ditentukan oleh aspek Sumber Daya Manusia.

Dalam konteks pemerintahan, tentu yang dimaksud adalah Aparatur Sipil Negara (ASN). Apalagi, saat ini lingkungan global terus mengalami perubahan dengan begitu cepat, maka peran ASN menjadi sangat krusial dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat penting negara ini menyelenggarakan manajemen ASN yang berorientasi pada penerapan sistem merit. Dengan demikian, penelitian tentang Evaluasi terhadap Kebijakan manajemen ASN, menjadi sangat aktual dan relevan untuk dilaksanakan sehingga harapan terwujudnya Indonesia Maju dan Sejahtera yang ditopang oleh ASN yang berintegritas, netral, kompeten, capable, profesional, berkinerja tinggi dan sejahtera dapat direalisasikan. Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. menggunakan pendekatan kualitatif. Paradigma penelitian yang diaplikasikan dalam penelitiannya adalah post-positivist. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data kualitatif berupa wawancara, FGD, dan studi dokumen. Dengan teknik purposive sampling, berbagai pihak dari Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, KemenPANRB, LAN, BKN, KASN, Kementerian PPN/Bappenas, dan akademisi telah memberikan informasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Hubberman.Hasil penelitian telah mampu menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitiannya berupa (1) Bagaimana perencanaan aparatur sipil negara di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta? (2) Bagaimana rekrutmen aparatur sipil negara di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta? (3) Bagaimana pengembangan kompetensi aparatur sipil negara di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta? dan (4) Bagaimana model untuk meningkatkan manajemen aparatur sipil negara di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta?

Menjadi suatu yang menarik karena sebelum menjelaskan secara komprehensif evaluasi pada aspek perencanaan, rekrutmen, dan pengembangan kompetensi ASN, Promovendus terlebih dahulu menjelaskan dinamika yang terjadi dari kebijakan manajemen ASN mulai dari peran (roles), norma (norms), nilai-nilai (values), pengaturan atau penyusunan kekuasaan (disposition of power), hingga proses untuk mengisi kekuasaan yang terlekat pada aktor yang terlibat (nature of power). Dengan begitu, Promovendus memahami situasi problematik yang ada pada kebijakan manajemen ASN. Setelah itu, barulah menjelaskan evaluasi perencanaan, rekrutmen, dan pengembangan kompetensi ASN di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dilihat dari 7 (tujuh) dimensi evaluasi yang digunakan. juga membandingkan temuan yang ada di Kementerian Perhubungan dengan temuan yang diperoleh di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, Dr.H.Robby Kurniawan,S.STP.,M.Si.  menemukan isu-isu strategis sebagai hasil temuan dari evaluasi perencanaan, rekrutmen, dan pengembangan kompetensi ASN di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal berharga dari penelitian yang dilakukan adalah terumuskannya model untuk meningkatkan manajemen ASN. Dr. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. berhasil memadukan kajian teoritik dengan temuan lapangan sehingga terumuskanlah model tersebut. Model tersebut menjadi jauh lebih berharga lagi sebagai temuan penelitian karena diharapkan tidak hanya dapat diaplikasikan di Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tetapi juga secara luas dapat diaplikasikan pada instansi pemerintah lainnya.

Pesan Akademik yang disampaikan oleh co Promotor Dr. Sampara Lukman, MA, Selanjutnya kami berharap, Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi serta menerapkan implikasi praktis dan model peningkatan manajemen ASN yang tersusun dalam disertasi untuk kebaikan sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya.

Kami juga berharap agar Dr. H. Robby Kurniawan, S.STP., M.Si. dapat melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas manajemen ASN sehingga terselenggara pemerintahan yang efektif dan efisien serta berdaya saing global. Kembangkanlah pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang diperoleh selama mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan reformasi sumber daya manusia aparatur bagi kemajuan bangsa di masa depan. (Oberlian Sinaga @JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *