Gaet Peminat, Vaksinasi di Kamal Muara Dapat Sekarung Beras

Jakarta, aspirasipublik.com – Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara berinovasi dalam menggaet peminat calon peserta vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Warga yang berhasil mengikuti vaksinasi mendapatkan satu karung beras seberat lima kilogram.

Lurah Kamal Muara, Helwan Ginting mengatakan ide ini merupakan hasil evaluasi dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Utamanya dalam upaya memicu warga yang belum tergerak hati dan pikirannya untuk segera mengikuti vaksinasi.

“Awalnya kami duduk bersama Tiga Pilar (Pemerintah, TNI, dan Polri) bersama stakeholder dan warga bagaimana menggaet warga yang belum divaksin. Muncullah ide untuk berkolaborasi memberikan beras bagi warga yang mau divaksin,” kata Helwa saat dikonfirmasi, Senin (2/8).

Lima ratus karung beras disiapkan hasil kolaborasi warga Kelurahan Kamal Muara berekonomi menengah ke atas. Setiap peserta yang berhasil divaksinasi di Sentra Vaksinasi SDN Kamal Muara 01 Pagi mendapatkan satu karung beras seberat lima kilogram.

“Kolaborasi ini berdasar pada kepedulian sesama warga. Satu karung beras diberikan kepada setiap peserta vaksinasi, namun kalau mereka datang satu keluarga maka diberikan satu karung beras saja. Kecuali warga datang sendiri karena keluarga lainnya sudah divaksin. Sampai saat ini 90 karung beras sudah diberikan,” jelasnya.

Berdasarkan data per Jumat (30/7) lalu, dipastikannya 64,44 persen atau 5.682 warga dari total keseluruhan 8.823 warga Kelurahan Kamal Muara kategori usia 12 tahun ke atas telah menerima vaksinasi.

Helwan optimis capaian vaksinasi mendekati angka 100 persen sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 mendatang.

“Sentra Vaksinasi di SDN Kamal Muara 01 Pagi ada 11 tenaga vaksinator dan tenaga admin dibantu petugas kelurahan. Begitu pun para kader kemasyarakatan yang terus bergerak mengajak warga yang belum divaksin untuk segera divaksin. Apalagi sekarang mereka bisa dapat sekarung beras,” tutupnya. (Eduardus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *