Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP., M.Si. Berhasil Mempertahankan Disertasi Tentang Collaborative Governance dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa di Provinsi Jawa Barat, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan (IPDN) ke 146 dengan Predikat Cumlaude

Jakarta, aspirasipublik.com – Pada hari ini bertepatan tangal 31 Agustus 2021 di kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP., M.Si. Staf di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Putri kelahiran padang Sumbar Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan (IPDN) ke 146 dengan Predikat Cumlaude., dengan judul Disertasi “Collaborative Governance Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Di Provinsi Jawa Barat (Studi Pada Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat Dan Kota Banjar)” Sidang yang dipimpin Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M. Si mewakili atas nama Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo. MM dan Didampingi. Ketua Prodi Pasca Sarjana Dr. Mansyur Achmad, M.Si.

Dengan tetap melakukan protokol Kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai covid -19, Untuk promotor dan penguji ada yang hadir langsung dan ada yang melalui daring Tim Promotor yang terdiri atas: Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA. (Hadir langsung)., Co Promotor Dr. Sampara Lukman, MA. (Melalui Daring)., Co Promotor: Dr. Layla Kurniawati, M. Pd. (Hadir Langsung)., Penguji: Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., Prof. Dr. Wirman Syafri, M. Si. (Direktur Pasca sarjana memimpin jalannya sidang mewakili atas nama Rektor IPDN)., Prof. Dr. Ngadisah, MA. (Hadir Langsung)., Dr. Hyronimus Rowa, M.Si., (Wakil Reckor Bidang Akademik) Dr. Ir. Ika Sartika, MT. (Wakil Dir Pasca sarjana Hadir langsung)., Dr. Mansyur, M. Si (Kap Prodi program pasca sarjana Hadir Langsung)., Dr. Faria Ruhana, SP, MP. (Hadir Langsung)., Dr. Udaya Madjid, M. Pd. (Hadir Langsung)

Riwayat singkat, Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP, M.Si. Lahir di Padang Sumatra Barat, Tanggal  17 Desember 1991. dilahirkan dari pasangan orang tua, Bapak Drs. Suprianto, M. Si dan Ibu Dra. Rukmini, M.Pd . Menikah Teguh Ilham, S.STP, MA dan dikaruniai satu anak Gavyn Arkaan Abhinara. Saat ini tinggal di Perum Janatipark Cluster 2 Blok G No.13 Jatinangor, Jawa Barat.

Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP., M.Si. merupakan anak angkat dari Bapak H. Agustinus, SH dan Alm. Ibu Ermawati, SH. dan merupakan adik dari Dr. Andin Niantima Primasari, S.IP., M. Si dan adik ipar dari AKP. Aditya Reza Syahputra, SE, M.Ak.

Riwayat Pendidikan: pendidikan sekolah dasar di SDN. 23 Painan Utaralulus tahun 2004, SMP 1 Painan lulus tahun 2007, SMA 2 Painan lulus tahun 2010, Fakultas Manajemen Pemerintahan Prodi Keuangan Daerah pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri lulus tahun 2014, Magister Administrasi Pemerintahan Daerah lulus tahun 2017. Saat ini di Program Pasca Sarjana IPDN.

Penelitian Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP, M.Si. Berangkat dari Permasalahan bahwasanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan komponen penting dalam upaya peningkatan perekonomian desa saat ini. Banyak program stimulus yang sudah diberikan, namun banyak BUMDes yang hanya sebatas berdiri sehingga belum berkontribusi signifikan dalam peningkatan Pendapatan Asli Desa. Salah satu kelemahannya adalah ketidakmampuan BUMDes dalam mengembangkan usahanya secara kolaboratif dengan pihak lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis collaborative governance dalam pengelolaan BUMDes, faktor- faktor pendukung dan penghambat nya, dan pengembangan model collaborative governance dalam pengelolaan BUMDes di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan pada lima BUMDes yang tersebar pada tiga kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, yaitu: Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Banjar. Pemilihan lokasi merepresentasikan kategorisasi BUMDes, yaitu: rintisan, tumbuh dan matang dengan presentase paling besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan induktif. Sementara itu, berbagai faktor yang mempengaruhi dianalisis dengan analysis SWOT. Kemudian hasil analisis tersebut akan dianalisis lanjutan dengan menggunakan Interpretive Structural Modelling (ISM) untuk melihat tingkat prioritas. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan Collaborative Governance Model dari Ansell dan Gash (2007).

Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tata kelola kolaboratif (collaborative governance) dalam pengelolaan BUMDes di Provinsi Jawa Barat kurang efektif pada beberapa aspek dalam empat dimensi tata kelola kolaboratif. Berdasarkan analisis SWOT dan ISM ditemukan empat faktor pendukung dominan, antara lain: Potensi desa, Komitmen Kepala Desa dalam memajukan perekonomian desa, Kebijakan kepala desa dan pengelola BUMDes, dan dukungan BPD, LPM, dan masyarakat. Begitu juga dengan faktor penghambat, dimana juga terdapat empat faktor paling dominan, yaitu: Sumber Daya manusia, Politik Kepala Desa, Teknologi, dan Terbatasnya akses modal.

Berdasarkan analisis terhadap hasil tersebut, maka ditemukan modifikasi model collaborative governance Ansell dan Gash (2007), yaitu dengan menambahkan satu tahapan, yaitu tahap Evaluasi berupa Review dan Feedback setelah tahap Hasil Jangka Menengah pada proses kolaborasi. Kemudian dengan menambahkan Monitoring dan Supervisi/Pembinaan dari pemerintah sebagai elemen yang menentukan berhasil atau gagalnya proses kolaborasi. Penguatan kolaborasi difokuskan pada empat aspek, yaitu penguatan sumber daya manusia, penguatan usaha, penguatan teknologi, dan penguatan modal. Dr.Agni Grandita Permata Sari,S.IP,M.Si.   telah berhasil membuat modifikasi model collaborative governance Ansell dan Gash (2007) yaitu dengan menambahkan satu tahapan yaitu tahap evaluasi berupa Riview dan Feedback setelah tahap hasil jangka menengah pada proses kolaborasi. Kemudian dengan menambahkan monitoring dan supervisi/pembinaan dari pemerintah sebagai elemen yang menentukan berhasil atau gagalnya proses kolaborasi. Penguatan kolaborasi difokuskan pada empat aspek yaitu penguatan sumber daya manusia, penguatan usaha, penguatan teknologi dan penguatan modal.

Nasehat akademik yang disampaikan oleh ketua promotor Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, MA. Kepada Dr. Agni Grandita Permata Sari, S.IP., M.Si.  Kami berharap dengan gelar tersebut, Saudari dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi doktor  serta menerapkan implikasi praktis dan pengembangan konsep yang Saudari susun dalam disertasi untuk kebaikan  sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas- luasnya. Kami juga sangat berharap Saudari dapat melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk meningkatkan kapasitas saudari bagi kemajuan bangsa di masa depan.Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semaki berisi akan semakin merunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.Ucapan Selamat dari redaksi media aspirasi public yang sekarang sedang mengikuti program pasca sarjana Doktoral Angkatan 8  Obarlian sinaga dan wartawan aspirasi public Dr JSRW alumni Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN  untuk ibu Dr. Agni Grandita Permata Sari,S.IP,M.Si.  yang merupakan Doktor Ilmu pemerintahan IPDN ke 146. (Oberlian Sinaga @JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *