Tim Medis Puskesmas Curug Bitung Bersinergi dengan Kesehatan TNI AL Adakan Suntik Vaksin di Kampung Ciguha

Bogor, aspirasipublik.com – Kekebalan kelompok’ (herd immunity), yang juga dikenal sebagai ‘kekebalan populasi’, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.

Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut.

Vaksin melatih sistem imun kita untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut ‘antibodi’, seperti jika kita terpapar pada suatu penyakit, tetapi perbedaan pentingnya adalah bahwa vaksin bekerja tanpa membuat kita sakit. Orang yang telah diimunisasi terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan.

Dalam konsep kekebalan kelompok, sebagian besar penduduk diimunisasi, sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus yang dapat menyebar ke seluruh populasi. Alhasil, tidak semua orang perlu diimunisasi agar terlindungi. Hal ini membantu memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan yang tidak dapat diimunisasi tetap aman.

Dengan tujuan untuk mempercepat vaksinasi tim kesehatan TNI AL bersinergi dengan tim medis puskesmas curug bitung untuk laksanakan suntik vaksin buat warga kampung ciguha, desa bantar karet, kecamatan nanggung, kabupaten bogor. Adapun dalam pelaksanaan suntik vaksin tersebut pemdes bantar karet, kapolsek beserta jajaran juga Danramil beserta jajaran terus mengawasi jalannya pelaksanaan penyuntikan vaksin untuk warga kampung ciguha sampai selesai. (Surya/supriyatna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *