Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Politisi PDI Perjuangan Ingatkan Pentingnya Pancasila Pada Milenial dan Penggiat Olahraga

Sukabumi, aspirasipublik.com – Anggota DPR RI Partai PDI-P Ribka Tjiptaning menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) berkerja sama dengan KONI Kabupaten Sukabumi di Cisaat, Kota Sukabumi. Pada Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang diikuti lebih dari ratusan peserta ini berlangsung sangat interaktif dan penuh semangat. Pasalnya, mayoritas peserta merupakan kaum milenial dan penggiat olahraga.

“kegiatan 4 Pilar MPR RI adalah kewajiban bagi setiap anggota MPR RI sebagaimana amanat UU, bahwa kami wajib turut serta mensosialisasikan empat pilar yang penting bagi bangsa ini yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan ini selalu diselenggaraan lebih dari satu kali dalam setiap tahun, kali ini saya selenggarakan berasama teman teman KONI,” kata Ribka.

Dalam paparannya, Ribka menjelaskan semua masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda atau kaum milenial di Sukabumi harus memahami sejarah Pancasila dari segala manipulasi sejarah sejak era orde baru, sehingga generasi bangsa memahami bahwa Pancasila penggalinya dalah Ir. Soekarno serta tujuannya menyatukan segala keberagaman nusantara.

“sejarah tentang Pancasila penting untuk diketahui generasi milenial, Ir. Soekarno sebagai penggalinya dicetuskan dalam sidang BPUPK pada 1 Juni 1945 adalah lahirnya Pancasila. Sejak orde baru sejarah ini dimanipulasi, Pancasila digali oleh Ir. Soekarno untuk mempersatukan Indonesia agar tidak terpecah belah sebagai sebuah bangsa,” paparnya.

Selain itu, menurutnya kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI berperan penting bagi terciptanya kesejahteraan sosial apabila setiap pejabat publik memahami cita-cita berbangsa dan bernegara yang dilandasi oleh nilai luhur Pancasila serta UUD 1945 serta semangat NKRI dan kebhinnekaan tunggal ika.

lanjut dia dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI diharapkan dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi peserta. Sehingga dapat menjadi pengetahuan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“pemahaman 4 pilar MPR RI ini dapat memacu terwujudnya kesejahteraan sosial apabila dipraktekan oleh semua pihak termasuk pejabat public. Saya berharap sosialisasi ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat sehingga dapat menginspirasi untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tutupnya. (Seno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *