Pengurus Cabang PGRI Cikarang Utara Gelar Upacara Hari Guru Nasional Ke 76

Bekasi, aspirasipublik.com – Pengurus Cabang PGRI Kecamatan Cikarang Utara menggelar upacara peringatan Hari Guru Nasional Ke 76 yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Cikarang Utara pada kamis (25/11) pagi

Dalam keterangan sambutanya Camat Cikarang Utara Enop Chan menindaklanjuti surat keterangan dari Ketua umum pusat PGRI

“Ibu dan Bapak Guru yang saya muliakan. Semoga Ibu dan Bapak Guru berada dalam kondisi sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan-Nya. Di Hari Guru ini, izinkan saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas semua pengabdian Ibu dan Bapak Guru”. Ucapnya.

Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November, berbarengan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).
Untuk tahun 2021 ini, sama dengan usia Republik Indonesia (RI), Hari HGN dan HUT PGRI juga memasuki usia ke-76 tahun.
Sebab berdirinya PGRI, juga di tahun 1945, atau empat bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.
PGRI sebagai wadah persatuan guru Indonesia, didirikan dan dideklarasikan di Surakarta dalam Kongres Guru Nasional yang pertama kalinya setelah Kemerdekaan RI.

Tugas dan tanggung jawab Ibu dan Bapak Guru amat besar, namun izinkan saya menyampaikan bahwa tanggung jawab besar ini jangan lah dipandang sebagai beban tapi sebagai kehormatan. Ibu dan Bapak Guru mendapat kehormatan untuk menumbuhkan generasi baru yang mencerdaskan.
Ibu dan Bapak Guru sekalian, Republik ini dirintis dan didirikan oleh kaum terdidik. Mereka adalah generasi baru di zamannya yang merasakan pengajaran, pendidikan dan pencerahan.
Mereka sangat sadar atas manfaat langsung pendidikan dan karena itulah mencerdaskan kehidupan bangsa mereka tetapkan sebagai sebuah amanah yang harus ditunaikan. Sebuah pesan tegas bahwa kunci kemajuan bangsa ini ada pada kualitas manusianya.
Ibu dan Bapak Gurulah yang berada di garda terdepan mewakili seluruh bangsa dalam menjalankan amanah itu. Tiap tutur, tiap langkah dan tiap karya Ibu dan Bapak Guru adalah ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa, peran guru tidak bisa di gantikan oleh apapun
Orang tua, yang adalah pendidik pertama dan utama, dan mereka mempercayakan pada Ibu dan Bapak Guru untuk turut mendidik anak-anaknya. Mari kita ingat pula, mereka bukan sekedar anak-anak, namun mereka adalah wajah masa depan bangsa ini.

Gurulah orang pertama yang berkesempatan melihat dari dekat wajah masa depan negeri ini. Ki Hajar Dewantara menyebut tempat belajar sebagai taman. Istilah itu meneguhkan tekad bahwa pendidikan memang harus menjadi sebuah proses pembelajaran menyenangkan walau penuh tantangan.
Pendidikan tidak boleh terasa sebagai penderitaan. Sekolah harus terasa menyenangkan. Sekolah Sekolah menyenangkan adalah sekolah di mana semua ikut terlibat, baik guru, siswa maupun orang tua ikut mendukung pembelajaran bersama dan menjadi teladan bagi komunitasnya.
Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat dan relevan dengan kehidupan siswa serta kebutuhan masyarakat.
Sekolah menyenangkan bukanlah sekolah tanpa tantangan, melainkan justru sekolah yang memberikan ragam pilihan dan tingkatan tantangan kepada guru dan siswa yang juga beragam

Di tengah situasi sekolah tatap muka, di harapkan dapat menjaga Protokol Kesehatan agar tidak terjadi Cluster baru bagi anak didik. PGRI sebagai organisasi propesi dapat menjaga harkat dan martabat pendidikan itu sendiri. PGRI juga harus menjaga kemitraan dengan pemerintah untuk menjalin mutu pendidikan nasional.

Suasana semakin semarak ketika ketua pengurus Cabang PGRI Cikarang Utara Eber, S.pd., membacakan sejarah singkat PGRI

Hadir dalam kesempatan acara tersebut pihak Koramil Cikarang, Kepolisian sektor Cikarang dan tamu undangan lainnya.

Usai acara pengumuman dan penyerahan hadiah

Untuk kategori olahraga yang di menangkan oleh

Putsal:

  1. Polsek Cikarang Utara
  2. Ranting 1
  3. Ranting 3

Volly putra:

  1. SMAN 2 Cikarang Utara
  2. SMAN 1 Cikarang Utara
  3. SMPN 2 Cikarang Utara

Volly putri:

  1. Ranting 1
  2. Ranting 4
  3. Desa Karang Asih

Tenis meja:

  1. SMAN 2 Cikarang Utara
  2. SMPN 2 Cikarang Utara
  3. Puskesmas Cikarang Utara. (sg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *