Dr. Dra, Hj. Siti Nuraini, M.Si. Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 136, Dosen Tetap Yayasan Unisma Bekasi dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Sidang ujian terbuka ini merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilalui Dr. Dra, Hj. Siti Nuraini, M.Si. selama mengikuti Program Pendidikan Doktor Ilmu Pemerintahan, Sidang dilakukan di gedung pasca sarjan lantai 3 IPDN cilandak Jakarta Jumat tanggal 30 April 2021  dari Pukul 13.00 sampai 15.30 dengan Disertasi yang berjudul:

“Implementasi Kebijakan Pembangunan Desa dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat  Desa di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat”

Sidang dipimpin Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si  (Direktur Pasca Sarjana) dan Prof. Dr. Ngadisah, M.A. (Kap Prodi Pasca sarjana) Memimpin jalannya sidang Promosi Doktor  mewakili atas Nama Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, Penguji dan promotor ada yang hadir langsung dan ada yang melalui daring.

Tim Promotor yang terdiri atas Prof. Muchlis Hamdi, MPA, PhD, (Hadir Langsung), Prof. Dr. H. M. Aries Djaenuri, M.A., (Hadir Langsung), Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd, (Melalui Daring).

Penguji terdiri dari:    Dr. Hadi Prabowo, MM (Rektor IPDN), Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS, (Hadir Langsung), Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si (Direktur Pasca Sarjana) , Prof. Dr. Ngadisah, M.A. (Kap Prodi Pasca sarjana Hadir langsung ), Prof. Dr. Erliana Hasan, MSi, (Hadir langsung), Dr. Sampara Lukman, M.A., (Melalui Daring), Dr. Muhadam Labolo, MSi, (Hadir Langsung), Dr. Udaya Madjid,M.Pd. (Melalui Daring). 

Riwayat Dr. Dra, Hj. Siti Nuraini, M.Si. Putri almarhum H. Hamdana, Almarhumah mama I. Nandong, Suami tercinta Asep Wahyu, serta anak-anak, Apsari, Kirana, Naura dan Abi Rabdi, yang telah memberikan semangat dan motivasi kepada penulis untuk dapat menyelesaikan studi. Alamat Tinggal di  Perumahan Taman Bekasi Asri Blok H No 11 RT 02 RW 29 Pengasinan Bekasi 17115 Dosen Tetap  Yayasan Unisma Bekasi dengan Nomer induk Dosen Nasional  04-0101-6401 Lektor Kepala/Iva, Menyelesaiakan kuliah di Sarjana  Ilmu Pemerintahan Fisip Unisma Bekasi, Magister  Ilmu Politik Universitas Indonesia, Hari ini Menyelesaikan Program Doktoral Ilmu Pemerintahan di IPDN

Riwayat pekerjaan:  Dosen Tetap Yayasan  Unisma Bekasi sampai sekarang, 1993 – 1999, Bendahara  LPPM, 2001 –  2005, Ketua  Program  Studi,   Ilmu  Pemerintahan  2009, Ketua Program  Studi  Ilmu Adm. Negara 2009 – 31 Jan 2013, Ketua Program Studi     Ilmu Pemerintahan 2010 – 31 Januari 2013, Dekan Fisip Unisma  Bekasi 22 Jan 2013  Rektor Unisma Bekasi  dan Sampai sekarang masih menjadi Dosen Tetap Di  Unisma Bekasi .

Latar belakang permasalahan penelitian adalah Implementasi kebijakan pembangunan desa, merupakan penelitian yang dilatar belakangi adanya masalah dalam implementasi kebijakan sehingga kesejahteraan masyarakat desa belum dapat diwujudkan. Penelitian dilakukan di 12 Desa di wilayah Kecamatan Pebayuran dengan angka kemiskinan yang tinggi yaitu 4,9 % karena banyak penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Desain penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan aplikasi riset tindakan berbasis Soft Systems Methodology mengacu pada dual imperatives yang dikemukakan oleh McKay dan Marshall (2001) research interest dan problem solving. Teknik pengambilan data serta instrumen penelitian dilakukan melalui studi kepustakaan, wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD). Rumusan masalah dalam penelitian ini, mengapa implementasi kebijakan pembangunan desa, belum dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa, dengan pertanyaan penelitian bagaimana strukturisasi situasi masalah dalam implementasi kebijakan pembangunan desa , bagaimana root definition dan model konseptual dalam implementasi kebijakan pembangunan desa dengan memperhatikan dimensi dan determinan implementasi kebijakan, bagaimana perbandingan model konseptual dan dunia nyata berikut perubahan yang secara sistem diinginkan dan bagaimana model implementasi kebijakan pembangunan desa di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi.

Dr.Hj . Siti Nuraini,M.Si. Telah berhasil membuat model kebijakan pembangunan desa menggunakan pendekatan Soft Systems Methodology (SSM) sebagai berikut: Berdasarkan hasil penelitian ditemukan model Implementasi kebijakan pembangunan desa.  Ada 3 unsur yang sangat mempengaruhi dalam implementasi kebijakan pembangunan desa yaitu 1. Perencanaan Program, 2. Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat dan 3. Evaluasi Program dan Kegiatan.  Ketiga unsur tersebut akan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor: 1. Adanya kerjasama antar unsur pelaksana sesuai dengan kewenangan masing-masing. 2. Peningkatan kualitas maupun kuantitas dari sumber daya manusia, dari unsur pelaksana pemerintah daerah maupun dari pemerintah desa sendiri sesuai kebutuhan, agar kegiatan program peningkatan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat dapat berjalan lancar dengan tercukupinya tenaga pelaksana yang kompeten dengan jumlah yang memadai. 3.Program pemberdayaan masyarakat desa harus dilaksanakan dengan memperhatikan potensi desa dan kebutuhan masyaraka desa. 4.Kualitas SDM pemerintah dan masyarakat desa perlu diperhatikan dengan meningkatkan kualitasnya. 5.Peningkatan kerjasama antara unsur pemerintah daerah dan pemerintah desa serta masyarakat desa dan stakeholder dalam kegiatan program kebijakan pembangunan desa.

Pesan promotor  kepada Dr.Dra,Hj. Siti Nuraini,M.Si. Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut, Untuk dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi serta menerapkan implikasi praktis dan pengembangan konsep yang Saudari susun dalam disertasi untuk kebaikan sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya.

Kami juga berharap Saudari dapat melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas birokrasi dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan menghormati hak asasi manusia. Kembangkanlah pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudari dapatkan selama mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan keberhasilan reformasi birokrasi bagi kemajuan bangsa di masa depandapat buktikan segenap kemampuan professional di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam Forum Pengembangan Ilmu Pemerintahan.

Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan apalagi sombong, gunakanlah ilmu padi yang makin berisi makin merunduk, jadilah insan professional yang taqwa dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara .(Oberlian Sinaga dan JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: